Minggu, 03 Februari 2013

4 Laki-laki Pendamping Istri Wali Kota Probolinggo


Penulis : Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol | Minggu, 3 Februari 2013 | 20:27 WIB
PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Rukmini Buchori, istri Wali Kota Probolinggo HM Buchori, hampir dipastikan maju sebagai calon wali kota dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2013 melalui PDI-P.
Siapa yang akan mendampinginya sebagai calon wakil wali kota hingga kini masih belum jelas. Sejauh ini, ada sembilan orang yang mendaftar untuk menjadi calon wakil wali kota.
Namun, menurut Buchori, ada empat nama yang berpeluang mendampingi istrinya. Keempat nama tersebut semuanya laki-laki dan sudah diverifikasi administratif, seperti ijazah dan catatan pribadi lainnya. Keempat nama itu nanti akan segera mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPD PDI-P Jatim.
Setelah itu, akan dipilih dua nama dan dilakukan survei. Satu dari dua nama itu akan diputuskan oleh DPP untuk mendampingi Rukmini.
Ditanya mengapa hanya ada empat nama yang akan diseleksi, Buchori menjelaskan, lima orang lainnya kurang serius mengikuti proses penjaringan calon wakil wali kota oleh PDI-P. Ketidakseriusan itu dibuktikan dengan enggannya para calon melengkapi berkas diri, seperti biodata dan legalisasi ijazah. Bahkan, ada yang tidak mau menjawab pertanyaan tim verifikator PDI-P.
Saat ditanya tanggal lahir, salah seorang malah menyuruh tanya ke Buchori. Meski masih akan menyeleksi keempat nama itu, Buchori mengungkapkan, calon wakil wali kota yang dipilih adalah sosok yang bisa mendongkrak perolehan suara dan mampu diajak sharing biaya operasional, seperti dana kampanye untuk pemenangan.
"Sesuai petunjuk DPP, calon wakil wali kota harus menyumbang perolehan suara, makanya tidak asal pilih. Proses istikharah politik masih terus berlangsung. Calon wakil wali kota dan rekomendasi dari pusat untuk pasangan calon sudah bisa diketahui bulan ini," katanya, Minggu (3/2/2013).
Buchori juga optimistis istrinya memenangi pilwali. Alasannya, dari hasil survei yang dilakukan, tingkat elektalibilitas, popularitas, dan kapabilitas Rukmini masih di atas nama-nama yang disebut-sebut akan maju sebagai cawali.
Namun, Ketua Bamusi Jatim ini enggan merinci hasil surveinya dan lembaga survei mana yang digunakan. Mereka yang disebut akan maju sebagai calon wali kota adalah Ketua DPC PKNU As'ad Anshari, Ketua Golkar Zulkifli Khaliq, Ketua PKB Habib Hadi, dan Wakil Ketua DPRD Abdullah Zabut.
Editor :
Tri Wahono

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut